Ketahui strategi promosi media sosial yang tepat dengan mengembangkan akun instagram untuk pembisnis pemula seperti anda. Salah satu sosial media yang kerap kali digunakan sebagai media promosi di internet yang digunakan oleh berbagai brand besar atau usaha kecil ialah instagram. Berbagai layanan yang disediakan juga membantu kreator untuk promosi dengan maksimal sehingga dapat menjangkau target konsumen yang diinginkan. Melalui instagram , pembisnis bisa menerima saran dari konsumen yang dapat membantu untuk pengembangan usaha kedepannya.
Manfaat Menggunakan Akun Instagram Untuk Pemula
Biasanya seorang pemilik akun instagram tidak hanya mengikuti akun teman temannya, namun juga akun instagram untuk bisnis yang menyajikan berbagai infomasi atau usaha kecil yang disukai. Hal ini juga menjadi alasan terbesar akun instagram untuk pembisnis pemula banyak digunakan sebagai media promosi. Instagram juga menyediakan berbagai fitur yang dapat meningkatkan keberadaan akun instagram tersebut seperti fitur akun bisnis, instagram shop dan bahkan akun kreator yang dapat membantu seseorang untuk membuat konten instagram menjadi lebih menarik. Instagram juga mengizinkan penggunanya untuk melakukan promosi yang maksimal melalui instagram ads dimana kreator dapat memilih target konsumen serta durasi penayangan iklan sesuai jadwal.
Tips Mengembangkan Akun Instagram
1. Atur Profil Akun Instagram
Informasi penting sebaiknya anda isi seperti kategori bisnis, waktu buka toko, lokasi serta informasi kontak yang bisa dihubungi apabila konsumen ingin melakukan pemesanan produk dalam jumlah banyak dan reservasi tempat.
2. Optimasi Link Bio Instagram
Penggunaan link di bio instagram efektif meningkatkan kunjungan website marketplace atau blog yang anda miliki dan bahkan campaign yang anda promosikan sehingga dapat menjangkau konsumen yang luas. Pastikan untuk memasukan informasi penting ke dalam kolom link guna melengkapi berbagai informasi yang mungkin tidak bisa anda masukan ke dalam postingan instagram.
3. Pilih Foto Profile Yang Menarik
Pemberian foto profile sebagai identitas akun instagram yang dapat diidentifikasi dengan mudah oleh konsumen yang pernah membeli produk anda namun belum mengikuti instagram untuk bisnis yang anda miliki. Pastikan foto profile instagram anda memiliki kesamaan dengan akun social media lainnya sehingga tidak membingungkan konsumen serta mencegah adalanya pemalsuan dari oknum oknum yang tidak bertanggung jawab.
4. Perbarui Informasi Kontak
Penyertaan informasi kontak tidak hanya bisa dimasukan ke dalam link di bio namun bisa menggunakan kolom kontak langsung yang dapat membawa konsumen ke akun WhatsApp penjual yang bisa dhubungi kapan saja. Beberapa informasi lain yang bisa anda masukan ke kolom kontak adalah informasi email, nomor telefon serta alamat toko yang dikunjungi oleh konsumen.
5. Berikan Petunjuk Lokasi
Akun instagram bussines memiliki opsi untuk mengakses alamat toko yang tersambung dengan Google Maps. Informasi ini tentunya menguntungkan konsumen yang ingin mengunjungi alamat anda tanpa perlu susah payah mengakses aplikasi google maps terlebih dahulu.
Tips Mengembangkan Akun Instagram Untuk Pembisnis Pemula
Setelah merubah tampilan instagram business menjadi lebih baik maka sekarang saatnya mengembangkan akun instagram untuk bisnis anda miliki. Pengembangan ini penting untuk mendapatkan perhatian dari pengguna instagram serta mampu bersaing dengan akun instragram bisnis lain. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan akun instagram bisnis anda.
Ketahui Tipe Konten
Penting bagi kreator untuk mengetahui tujuan membuat akun instagram seperti untuk meningkatkan pengikut, memperluas jangkauan konsumen atau melakukan interkasi dengan pengikut yang dimiliki. Dengan memilij tujuan instagram yang sesuai maka kreator akan lebih mudah dalam menentukan tipe konten yang akan diunggah serta isi konten yang akan disampaikan ke pengguna instagram.
Berikut beberapa tipe konten pillar yang bisa anda terapkan :
- Interest Based, menyajikan konten yang memiliki kaitan dengan produk dan biasanya menjelaskan keuntungan dar produk secara tersirat.
- Education, menyajikan konten edukasi dimana kreator memberikan informasi mengenai kandungan serta kelebihan produk yang membuat konsumen tertarik untuk membelinya dan membedakan produk anda dengan yang lainnya.
Pilih Jenis Konten
Berikut beberapa jenis konten instagram yang bisa digunakan :
- Instagram Story
- Instagram Highlight
- Instagram Live
- Instagram Reels
Interaksi Dengan Konsumen
Interaksi akan membuat akun instagram terlihat lebih hidup sehingga membantu algoritma instagram menaikkan konten anda ke rekomendasi pengguna instagram lainya. Kreator bisa melakukan berbagai cara agar interkasi semakin seru dan menyenangkan. Interaksi yang aktif satu sama lain tentunya akan membangun dengan konsumen sehingga berminat untuk membeli produk yang anda jual.
Gunakan Hashtag Yang Sesuai
Penggunaan hashtag membantu seseorang untuk mencari konten atau topik tertentu yang berkaitan dengan produk anda miliki atau bisa membuat branded hashtag sendiri yang berisi nama usaha atau campaign produk yang sedang anda lakukan agar mudah ditemukan oleh konsumen atau pengguna instagram. Instagram mengizinkan untuk menambahkan hashtag sebanyak 30 buah. Jangan lupa untuk memeriksa hashtag instagram anda secara rutin untuk mengetahui kinerja hashtag.